Color Scheme:

Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI) Ikatan Fisioterapi Indonesia (IFI)


Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan/atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang rentang kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis) pelatihan fungsi, komunikasi. Dalam melakukan pelayanan, fisioterapis dapat menerima pasien langsung atau berdasarkan rujukan dari tenaga kesehatan lainnya. (Permenkes no 80) 


Profesi Fisioterapi di Indonesia lahir sejak jaman perjuangan Utamanya setelah agresi militer belanda dua th 1948. Banyaknya korban perang yang dirawat di RS di Jawa mendorong Prof. Dr. Soeharso, seorang Ahli bedah orthopedi mendirikan Pusat Rehabilitasi (RC) korban perang. Mulai saat itulah Dr Soeharso dengan para Fisioterapis yang dididik melakukan kerja besar buat bangsa , memandirikan korban perang. Makin besarnya Korban perang yang ditangani memacu Prof. Soeharso mendirikan sekolah perawat Fisioterapi pertama di surakarta pada th 1956. Kerjasama antara Orthopedi dan Fisioterapi akhirnya semakin erat tidak saja untuk korban perang, akan tetapi juga kecacatan akibat Poliomilitis dan CP. Fisioterapi lahir dari Ortopedi bukan Rehabilitasi medis.

Ketentuannya
Yang bisa mengikuti e-learning adalah seluruh anggota IFI yan sudah terdaftar dalam database IFI dan memiliki nomer anggota