Cara daftar blt UMKM atau Cara daftar blt umkm online dengan Cara daftar bpum bri online 2022

Cara Daftar Blt UMKM

 

Walaupun termasuk ke dalam bisnis berskala kecil, tak bisa dipungkiri bahwa UMKM menjadi salah satu kontributor terbesar yang menggerakkan roda perekonomian bangsa Indonesia. Unit usaha kecil yang dikelola masyarakat ini terbukti dapat menyokong perekonomian Indonesia bahkan saat negara dalam krisis sekalipun. Di tengah-tengah pandemi COVID-19 yang mengakibatkan banyak perusahaan gulung tikar, UMKM justru menunjukkan ketangguhannya, sehingga dapat membantu meringankan dampak ekonomi akibat pandemi. Untuk mendukung UMKM lokal, pemerintah Indonesia menerbitkan bantuan BLT UMKM yang dapat diajukan oleh seluruh pengusaha kecil di Tanah Air. Cara daftar blt umkm yang sangat mudah diharapkan dapat menarik minat masyarakat agar dapat tetap produktif selama masa pandemi. Berikut adalah hal-hal yang dapat Anda lakukan mengenai pendaftaran blt umkm online.

Syarat dan Cara Daftar BPUM BRI Online 2022

BLT atau BPUM BRI merupakan program bantuan tunai yang dialirkan oleh pemerintah kepada kalangan pengusaha kecil yang diharapkan dapat membantu segala kebutuhan operasional dari usaha yang dijalankan. Program BLT ini hadir sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap kalangan masyarakat yang berusaha mempertahankan usaha kecilnya di masa pandemi. Semua orang bisa daftar bpum bri online ini. Namun, sebelum Anda mengetahui cara daftar blt umkm ini, Anda sangatlah wajib untuk membaca ulasan persyaratan yang wajib dipenuhi berikut ini:

  • Pemohon merupakan WNI, atau Warga Negara Indonesia dengan melampirkan E-KTP yang masih berlaku dan fotokopinya
  • Pemohon merupakan pengusaha dan bukan merupakan personel aparatur sipil negara, atau ASN dan PNS
  • Anda juga bukan merupakan anggota dari kesatuan TNI / Polri
  • Anda juga bukan merupakan pegawai di departemen BUMN / BUMD
  • Anda menjalankan usaha mikro yang telah berjalan minimum selama 6 bulan, dan melampirkan dokumen Surat Keterangan Usaha (SKU) atau Nomor Izin Berusaha (NIB)
  • Anda tidak sedang menerima bantuan pinjaman kredit yang ditawarkan oleh Bank BRI maupun dari perbankan lainnya
  • Anda wajib melampirkan foto dari usaha yang sedang dijalankan (foto gedung usaha, foto produk, dan lain sebagainya)
  • Anda harus melampirkan SPTMJ atau Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang dirilis oleh Dinas Koperasi dan UMKM yang ada di daerah domisili Anda.

Setelah semua persyaratan di atas terpenuhi, barulah Anda bisa menyimak cara daftar blt umkm. Untuk melakukannya, pastikan Anda sudah membawa seluruh dokumen persyaratan yang diminta. Cara daftar blt umkm online sudah bisa dilakukan di beberapa kota di Indonesia. Masing-masing daerah tentunya memiliki link berbeda yang dapat Anda kunjungi untuk mengajukan pinjaman BLT UMKM. Apabila layanan daftar bpum bri online ternyata belum tersedia di kota Anda, maka pendaftaran hanya bisa dilakukan dengan datang langsung ke kantor Dinas Koperasi dan UMKM di domisili Anda. Jika permohonan BLT Anda disetujui, pihak petugas akan langsung mengirimkan pesan notifikasi lewat SMS. 

Cara Daftar BLT UMKM SeCara Online

Bagi Anda yang ingin mengajukan pinjaman BLT UMKM secara online, ada cara daftar blt umkm yang harus ditempuh. Namun, sebelum Anda daftar online blt umkm pastikan bahwa nama Anda sudah terdaftar sebagai calon penerima bantuan. Anda bisa mengeceknya dengan langkah berikut ini:

  • Pertama-tama, buka link eform.bri.co.id bagi Anda yang memiliki rekening di Bank BRI, atau https://banpresbpum.id/ untuk nasabah Bank BNI
  • Pada kolom yang tersedia, masukkan 16 digit nomor NIK yang umumnya tertera pada KTP atau dokumen Kartu Keluarga (KK)
  • Klik tombol “Cari” untuk menemukan tampilan informasi seputar status bantuan dari BLT UMKM tersebut
  • Apabila nama Anda tertera pada daftar calon penerima BLT, maka Anda bisa lanjut ke tahapan cara daftar blt umkm.

Untuk cara mendaftar blt umkm online, Anda bisa mengunjungi situs resmi yang ditunjuk. Masing-masing daerah tentunya memiliki situs pendaftaran BLT UMKM yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa kota atau daerah dengan situs untuk daftar dana bantuan BLT UMKM:

  • DKI Jakarta (Jawa Barat) : https://www.instagram.com/p/CTV6t5apurE/  
  • Sidoarjo (Jawa Timur): https://sipraja.sidoarjokab.go.id/index.php 
  • Gresik (Jawa Timur): https://docs.google.com/forms/d/1PTbcZ2xcQmHa4ZEmHzuE6R5j7PfkfOGmjyBzHT6XFJg/viewform?edit_requested=true 

Demikianlah ulasan lengkap mengenai cara daftar blt umkm yang bisa diajukan selama tahun 2022. Pastikan untuk membaca dan memahami langkah-langkah dan persyaratan pendaftaran BLT UMKM agar dana pinjaman tersebut dapat segera cair dan bisa digunakan untuk kepentingan usaha Anda.