Cara membuat akun Dana atau Cara bikin akun dana dan Cara membuat akun dana premium 2022

Cara Membuat Akun Dana

Dengan semakin merebaknya tren pembayaran dengan E-Wallet, nama aplikasi DANA sudah pasti tidak terdengar asing di telinga Anda. Aplikasi smartphone ini memang semakin marak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk kegiatan transaksi tanpa menggunakan uang tunai atau cashless. Bagi Anda yang ingin menikmati praktisnya berbelanja tanpa harus membawa uang tunai, aplikasi DANA ini memang sangat wajib untuk dimiliki. Terlebih lagi, cara membuat akun Dana sangatlah mudah untuk dilakukan. Berikut adalah cara buat akun dana yang wajib untuk Anda ketahui.

Cara Bikin Akun Dana

Bagi Anda yang ingin membuat akun dana, tentunya wajib memiliki perangkat smartphone dan menginstall aplikasi DANA ke dalam gawai. Anda tidak perlu khawatir, karena aplikasi DANA ini bisa didownload dengan sangat mudah lewat platform Google Play Store (untuk Android) dan App Store (untuk Apple). Selanjutnya, Anda bisa menyimak langkah-langkah cara membuat akun Dana berikut ini:

  • Setelah sukses menginstall aplikasi DANA, buka aplikasi tersebut dan masukkan nomor telepon Anda yang aktif ke dalam kolom yang tersedia
  • Setelah itu, klik tombol “Lanjut” untuk menuju ke tahap selanjutnya
  • Anda akan mendapatkan pesan SMS yang dikirimkan oleh admin DANA ke dalam inbox. Buka pesan tersebut dan masukkan 4 digit kode OTP yang tertera di dalamnya pada kolom aplikasi yang muncul
  • Anda akan disambut dengan laman berbagai kode promo. Apabila Anda tidak menemukan penawaran yang menggiurkan, cukup lewati saja penawaran tersebut
  • Pada kolom data diri, masukkan nama lengkap atau nama panggilan Anda
  • Jangan lupa untuk mengunggah foto Anda, dan klik “Daftar”
  • Buat kode PIN yang terdiri dari 6 digit. Kode tersebut akan menjadi password atau kata sandi bagi akun DANA Anda
  • Setelah proses registrasi selesai, lakukan login ke dalam akun DANA, dan Anda mulai bisa menggunakan platform aplikasi ini untuk berbelanja.

Cara Membuat Akun Dana Premium

Bagi Anda yang baru saja membuat akun dana memang bisa langsung menggunakan layanan dari aplikasi ini. Namun, Anda bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan dengan bikin akun dana premium. Untuk pengguna DANA premium memang bisa memperoleh berbagai macam fitur-fitur yang lebih lengkap. Sehingga, tak mengherankan jika banyak orang yang berminat untuk buat akun dana kelas Premium ini.

Apakah Anda tertarik untuk mengetahui cara membuat akun Dana Premium? Untungnya, Anda tidak akan diminta untuk buat akun dana baru. Yang perlu Anda lakukan hanyalah dengan mengupgrade keanggotaan dari DANA reguler menjadi DANA premium dengan langkah-langkah berikut:

  • Pertama-tama, buka aplikasi DANA pada perangkat smartphone Anda. Pastikan Anda sudah mempersiapkan dokumen persyaratan yaitu KTP
  • Lanjutkan dengan mengetuk tab “Saya”
  • Pada opsi yang tersedia, pilih menu “Verifikasi Akun Saya”
  • Selanjutnya, ambil foto dari E-KTP Anda
  • Cara buat akun Dana selanjutnya, ambil foto selfie Anda memegang foto E-KTP tersebut. Pastikan posisi dari E-KTP tersebut terlihat jelas, begitupula dengan wajah Anda
  • Unggah semua dokumen yang dibutuhkan, dan klik “Submit”
  • Tunggu proses verifikasi dari pihak DANA. Apabila pengajuan Anda diterima, maka status membership DANA Anda akan berubah menjadi keanggotaan Premium.

Cara Top Up Saldo DANA

Sama seperti aplikasi E-Wallet pada umumnya, untuk menggunakan aplikasi DANA ini untuk berbelanja, aplikasi tersebut harus terisi dengan saldo. Saldo tersebut bisa Anda dapatkan dengan melakukan top up uang tunai. Setelah Anda mengetahui cara mendaftar akun dana, berikut adalah beragam cara top up saldo DANA:

  • Top Up DANA lewat Bank / M-Banking

DANA bekerjasama dengan sejumlah bank di Indonesia untuk mempermudah Anda dalam melakukan top up. Mulai dari Bank BCA, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, dan lain sebagainya memudahkan Anda dalam pembayaran top up saldo DANA. Bagi Anda yang sibuk juga bisa mengisi saldo DANA lewat layanan M-Banking.

  • Top Up DANA lewat Minimarket

Bagi Anda yang tidak memiliki rekening bank maupun aplikasi M-Banking, pengisian saldo DANA juga bisa dilakukan lewat minimarket. Minimarket seperti Alfamart dan Indomaret menawarkan kemudahan transaksi top up saldo DANA. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mendapatkan kode pembayaran top up dari aplikasi DANA dan menunjukkan kode pembayaran tersebut kepada kasir. Jangan lupa untuk membawa nominal uang dan tambahan biaya admin.

Demikianlah ulasan singkat mengenai berbagai cara membuat akun Dana. Semoga ulasan di atas dapat membantu bagi Anda yang ingin membuat akun DANA demi mempermudah berbagai aktivitas transaksi tanpa menggunakan uang tunai. Selamat mencoba.