Invest saham atau Cara investasi saham dan invest saham online untuk pemula di pasar modal 2022

Invest Saham

Tren invest saham saat ini memang sedang menjamur di tahun 2022. Saham memang menawarkan timbal balik keuntungan yang sangat besar, yang pastinya menjadi daya tarik. Terutama, bagi Anda yang mulai ingin untuk menambah keuntungan dari uang yang dimiliki. Akan tetapi, perlu dipahami bahwa investasi saham juga merupakan bentuk investasi high risk. Sehingga, jika tidak mengetahui cara investasi saham yang tepat, hal tersebut justru dapat mengakibatkan Anda mengalami kerugian. Untungnya, saat ini Anda bisa terjun ke dunia saham sambil belajar lebih dalam mengenai cara invest saham yang tepat. Simak ulasan lebih lengkap mengenai cara investasi saham untuk pemula berikut ini:

Ketahui Cara Investasi Saham Online untuk Pemula

Dulu, tren invest saham memang tidak terlalu banyak. Pasalnya, untuk mengajukan investasi ini, Anda harus mendatangi galeri broker yang terpercaya atau juga bisa dilakukan lewat sambungan telepon. Namun, seiring dengan semakin maraknya penggunaan smartphone, para penyedia layanan pembelian saham mulai melirik investasi saham online. Dengan invest saham online, Anda dapat menanamkan saham modal cukup dari perangkat smartphone. Selain itu, koneksi internet yang stabil juga dibutuhkan untuk menjalankan iinvestasi saham ini. Berikut adalah berbagai cara berinvestasi di pasar modal yang wajib untuk Anda ketahui:

  • Memilih Broker Saham Terpercaya

Broker saham merupakan individu maupun perusahaan saham yang memiliki peranan perantara antara penjual dan pembeli saham. Broker saham juga umumnya dikenal dengan sebutan “pialang saham”. Umumnya, ada banyak sekali jenis broker saham yang menyediakan layanan invest saham. Akan tetapi, Anda harus memastikan bahwa broker tersebut bisa dipercaya. Yang pertama, broker tersebut harus sudah tercatatat di dalam daftar BEI dan OJK. 

 

Broker saham tersebut juga harus memiliki aplikasi dengan sisten navigasi yang sangat mudah. Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami kesulitan saat akan invest saham. Menemukan broker saham juga menjadi salah satu syarat utama dari cara investasi saham di bank bri maupun di bank-bank lainnya.

  • Membuka Rekening Saham dan Rekening Dana Nasabah

Setelah Anda menemukan broker saham yang terpercaya untuk invest saham, cara selanjutnya adalah dengan membuka rekening. Rekening yang pertama adalah rekening saham, dan yang kedua adalah rekening dana nasabah. Rekening saham merupakan rekening wajib yang harus dibuat apabila Anda ingin melakukan transaksi pembelian maupun penjualan saham. Anda bisa dengan mudah membuat rekening tersebut secara online. Umumnya, broker saham akan menyediakan formulir online pada aplikasi investasi saham yang mereka kembangkan untuk mempermudah Anda. 

 

Selain rekening untuk invest saham, Anda juga harus membuka rekening dana nasabah. Rekening dana ini bisa dibuka dengan melakukan registrasi pembukaan akun rekening di bank-bank yang Anda pilih. Rekening dana nasabah atau RDN ini digunakan untuk menyimpan dana jual beli saham di satu tempat. Tak hanya itu, akun rekening ini juga digunakan untuk menyimpan setoran untuk transaksi maupun hasil dari penjualan saham yang Anda lakukan. Kedua rekening ini harus dibuka secara bersamaan. Barulah, Anda bisa memulai menjual atau membeli saham. 

  • Melakukan Setoran Modal

Cara investasi saham pemula selanjutnya adalah mulai melakukan setoran modal. Langkah ini baru bisa dilakukan jika Anda sudah membuat rekening saham dan rekening dana nasabah. Anda bisa melakukan setoran dana modal dengan nominal bebas. Perlu dipahami bahwa bagi pemula sebaiknya tidak menyetorkan biaya modal yang terlalu banyak. Pastikan jumlah modal tersebut sesuai dengan perencaaan keuangan dan tidak mengganggu kebutuhan hidup Anda yang lain.

  • Mulai Melakukan Transaksi Beli Saham Secara Online

Setelah Anda memiliki biaya modal yang aktif di RDN, barulah Anda mulai bisa melakukan transaksi pembelian saham. Pilihlah saham yang menjanjikan dan sesuai dengan nominal modal yang Anda inginkan. Untuk melihat detail dari riwayat transaksi tersebut, Anda bisa langsung mengunjungi laman “Portofolio” pada laman aplikasi.

  • Menjual Saham yang Dimiliki

Bagi Anda yang sudah memiliki cukup saham dan ingin menjual beberapa, bisa melakukannya dengan mudah lewat aplikasi yang disediakan broker. Anda bisa menentukan sendiri harga jual dari saham tersebut. Namun, perlu diperhatikan bahwa penentuan dari harga jual saham tersebut akan turut mempengaruhi cepat-lambatnya transaksi pembelian.